Rabu, 24 Oktober 2012

Manajerial PT. Gajah Tunggal Tbk


Pada kesempatan kali ini, kelas kami mendapatkan tugas untuk menganalis manajerial suatu perusahaan. Kelompok kami mendapatkan bagian untuk melaporkan mengenai bagaimana proses, sistem dan cara manajerial salah satu perusahaan “Go Public” yaitu PT. Gajah Tunggal Tbk. Berikut beberapa ulasan awal mengenai PT. Gajah Tunggal Tbk.
PT. Gadjah Tunggal yang didirikan pada tahun 1951 merupakan salah satu perusahaan go publik yang bergerak di bidang industri manufaktur dengan produk utamanya berupa ban dalam maupun ban luar kendaraan yang saat ini berperan sebagai produsen ban terbesar di Asia Tenggara. Pada awalnya PT. Gadjah Tunggal memulai produksi bannya dengan ban sepeda. Sejak itu Perusahaan bertumbuh menjadi produsen ban terpadu terbesar di Asia Tenggara. Perusahaan memperluas produksi dengan membuat variasi produk melalui produksi ban sepeda motor tahun 1971, diikuti oleh ban untuk mobil penumpang dan komersial di tahun 1981. Awal tahun 90an, perusahaan mulai memproduksi ban radial untuk mobil berpenumpang dan truk.
Perusahaan ini memiliki komitmen untuk memproduksi dan mendistribusikan ban berkualitas tinggi untuk mobil penumpang, SUV's / Truk ringan, off-road, industri dan sepeda motor. PT. Gadjah Tunggal juga memproduksi dan mendistribusikan produk karet terkait lainnya seperti karet sintetis, benang ban, ban dalam, flap, o-ring dan banyak lagi.
Adapun visi yang digunakan sebagai dasar dalam kerja perusahaan ini  yaittu menjadi Good Corporate Citizen dengan posisi keuangan yang kuat, pemimpin pasar di Indonesia dan menjadi perusahaan produsen ban yang berkualitas dengan reputasi global. Adapun misi perusahaan untuk mewujudkan visi tersebut yaitu menjadi produsen yang memimpin dan terpercaya sebuah portfolio produk ban yang optimal, dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang unggul di saat yang sama serta terus meningkatkan ekuitas merek produk, melaksanakan tanggung jawab sosial dan memberikan profitabilitas/hasil investasi kepada para pemegang saham serta nilai tambah untuk semua stakeholder perusahaan.
Dalam sektor tenaga kerja, PT. Gajah Tunggal Tbk lebih meningkatkan kualitas dalam merekrut, mempertahankan dan mengembangkan bakat terbaik di industri, ini merupakan hal yang esensial bagi Perusahaan, karena modal sumber daya manusia adalah aset perusahaan yang paling penting.  Dalam sektor promosi, PT. Gajah Tunggal Tbk melakukan banyak cara untuk memperkenalkan berbagai macam produknya ke dalam masyarakat luas. PT. Gajah Tunggal memiliki kondisi keuangan yang sehat tiap tahunnya. Kualitas kerja PT. Gajah Tunggal Tbk terbukti dengan banyaknya penghargaan yang telah diraih. Dan sampai sekarang, PT. Gajah Tunggal masih terus berupaya untuk mengembangkan sistem manajerialnya untuk bisa menjadi lebih baik dan mencapai visinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar